Mendapatkan pelanggan pastilah merupakan kepuasan tersendiri bagi setiap penjual karena tentunya akan lebih banyak pula presentase terjadinya transaksi, akan tetapi disatu sisi pastinya bisa jadi semakin banyak pula komplain yang akan kita terima jika ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan si pembeli.
Salah satu cara untuk membangun kepercayaan dari pembeli adalah dengan memahani karakter pembeli, dengan semakin banyak pelanggan tentunya semakin banyak pula karakter yang perlu kita pahami agar bisa memberikan pelayanan yang baik dan maksimal terhadap pelanggan, adapun karakter pembeli bisa digolongkan menjadi :
- Tipe Cerewet / Curhat
Pelanggan yang satu ini biasanya sangat cepat akrab dengan si penjual, akan tetapi sering kali karena terlalu banyak bicara jadinya tidak terlalu fokus pada tujuan (transaksi) jadinya lebih banyak seperti tempat curhat :D - Tipe Ga Mau Tahu / Sombong
Pelanggan yang satu ini bisa jadi yang dinamakan raja, sering kali ga mau tahu pendapat anda yang penting anda harus mengikuti alur ceritanya, jadi jurusnya cuma satu sabarrr yaa ;) - Tipe Pikir-Pikir
Pelanggan ini biasanya selalu membandingkan produk anda dengan produk yang lainnya bagi dari segi harga maupun kualitas. tapi jika sesuai mereka akan dengan cepat melakukan transaksi - Tipe Pendiam
Pelanggan yang ini biasanya akan melakukan transaksi dengan sangat singkat dikarenakan biasanya mereka sudah mengetahui sedikit banyak produk yang akan dibeli, salah satu tipe pelanggan yang banyak diinginkan sedikit bicara banyak action.
Updated : Cara mengatasi komplain/keluhan pelanggan
0 komentar:
Posting Komentar