Jangan remehkan komplain dari pelanggan, ya mungkin awalnya satu tapi bisa jadi dari satu orang ini efeknya cukup besar bagi perkembangan bisnis anda, jadi terima komplain mereka dengan senang hati dan lapang dada karena dengan adanya komplain dari pelanggan ini kita bisa tahu kekurangan dari bisnis yang sedang kita bangun. Ini ada beberapa tips menghadapi atau mengatasi komplain dari pelanggan :
- Tetap Tenang
Pastikkan pikiran dan hati anda tetap stabil, dengan pikiran yang jernih anda bisa lebih bijaksana dalam mengambil sikap - Berfikiran Positif
Pastikkan seberat dan sepanas apapun komplain dari pelanggan tetaplah berfikiran positif sehingga keputusan yang akan anda ambil pastinya yang terbaik - Tersenyum
Tetaplah tersenyum karena ini sedikit banyak bisa meredakan emosi baik dari pelanggan maupun anda sendiri - Solusi Bersama
Tunjukkanlah bahwa anda peduli terhadap permasalahan mereka dan terakhir kita ajak pelanggan untuk mencari solusi bersama yang terbaik bagi mereka dan juga anda
Tips diatas kelihatannya mudah tapi sulit untuk diterapkan, berlatihlah terus dengan jam terbang yang banyak insyaallah kita pasti bisa, dan sebelumnya ada baiknya juga kalau kita bisa memahami karakter dari pelanggan untuk memudahkan menentukkan sikap dan keputusan dalam membangun kepercayaan pelanggan. Semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar